Pentingnya Email Marketing Untuk Blog

Saat ini, ketika artikel ini ditulis, saya sedang menerapkan email marketing untuk blog saya. Setiap langkah dan pengalamannya akan saya tuliskan di blog Pambarep ini. Kemudian rencananya akan saya satukan menjadi sebuah ebook dan saya bagikan gratis.

Ebook tersebut akan menjadi pelengkap beberapa ebook gratis saya yang lain, yaitu:

  • Blog to Profit.
    Membahas langkah-langkah ngeblog agar bisa mendapatkan uang dan trafik organik secepat mungkin.
  • Dasar-Dasar Freelance.
    Membahas pengetahuan dasar yang perlu dimiliki freelancer agar kerjanya lebih nyaman dan lebih profit.

Materi email marketing untuk blog yang akan saya share rencananya meliputi:

  1. Pentingnya Email Marketing Untuk Blog.
    Membahas pengertian email marketing khususnya untuk blog, apa manfaatnya, dan menentukan tujuan email marketing untuk masing-masing blogger.
  2. Cara Membuat Email Domain Sendiri di Gmail.
    Membuat akun email dengan nama domain sendiri, dan untuk memudahkan bagaimana agar email tersebut bisa diakses melalui gmail.
  3. Membuat dan Memonetasi Lead Magnet.
    Apa itu lead magnet, apa saja jenisnya, bagaimana menentukan lead magnet yang tepat, bagaimana membuatnya, bagaimana memonetasinya.
  4. Menulis Email Series.
    Menulis sekian banyak email yang nanti berkala akan dikirimkan kepada subscriber. Bagaimana strateginya agar tujuan email marketing tercapai. Juga membahas bagaimana memonetasi email series.
  5. Memilih Email Service Provider Yang Bagus & Gratis.
    Memilih dan mendaftar ke email provider.
  6. Membuat Opt In Form dan Landing Page.
    Penjelasan dan cara membuatnya.
  7. Membuat dan Memonetasi Thank You Page.
    Penjelasan, cara membuat, dan memonetasinya sehingga tidak hanya mendapatkan email subscriber tapi juga berpotensi mendapatkan penghasilan.
  8. Mengatur Email Sequences.
    Mengatur jadwal pengiriman pesan-pesan email yang sudah dibuat sebelumnya.
  9. Mengatur Email Automation.
    Mengatur agar begitu ada orang yang subscribe maka secara otomatis email sequence yang sudah dibuat akan mulai dikirimkan.
  10. Mempromosikan Opt In form dan Landing Page.
    Mengatur letak opt in form di blog, mempromosikan landing page.
  11. Tips Menambah Email Subscriber.
    Dengan bertukar list, dsb.

Yang akan saya share adalah email marketing yang sangat dasar dan sebisa mungkin hanya menggunakan tool gratisan. Jadi tidak akan ada pembahasan yang lebih mendalam misalnya segmentation, dll.

Apa Itu Email Marketing Untuk Blog?

Email marketing adalah strategi menggunakan email untuk membujuk atau meyakinkan orang untuk melakukan sesuatu. Sesuatu tersebut bisa berupa membeli produk, klik link artikel blog, belajar sesuatu, terhibur, terinspirasi, lebih aware akan sebuah permasalahan atau produk, dsb.

Gambaran cara kerja email marketing untuk blog kira-kira seperti berikut:

  • Kamu mengumpulkan alamat email dari orang atau pembaca blog yang sukarela memberikan emailnya padamu. Orang itu disebut subscriber.
  • Biasanya orang bersedia menjadi subscriber karena mendapatkan sesuatu untuk ditukar dengan alamat emailnya. Sesuatu itu lazim disebut dengan lead magnet yang bentuknya bermacam-macam.
  • Begitu kamu mempunyai subcriber, kamu bisa mulai mengirimkan email pada mereka. Isinya bisa berupa hiburan, edukasi, penawaran produk, dan lainnya.

Manfaat dan Kelebihan Email Marketing Untuk Blog

Cukup mudah dan cukup murah untuk dilakukan. Awalnya saya menyangka email marketing itu sulit, tapi setelah tahu ilmunya ternyata cukup mudah. Juga bisa dilakukan dengan biaya yang murah.

Ketika email list-mu tumbuh besar, kamu bisa mempunyai akses ke banyak orang dalam waktu singkat. Misalnya kamu ingin memberitahu mereka tentang suatu hal, tinggal tulis email dan kamu bisa sekaligus mengirimkannya ke banyak orang.

Email list memungkinkanmu mempunyai akses langsung ke pembaca blog. Hal ini bisa membangun kedekatan dengan pembaca blogmu.

Database email yang sudah kamu kumpulkan selamanya adalah milikmu. Jadi misalnya tiba-tiba trafik blogmu anjlok, media sosialmu di-ban, kamu masih punya audiens yaitu email subcriber-mu. Memang akunmu bisa di-ban juga oleh email provider, tapi bisa diatasi dengan mudah yaitu rajin backup data list-mu. Backup tersebut bisa kamu ekspor ke email provider lain.

Email marketing bisa berjalan dengan sendirinya tanpa memerlukan campur tanganmu sepanjang waktu. Selain itu juga scalable, bisa ditumbuh kembangkan.

Membantu juga untuk menaikkan trafik blog dan membuat pembaca blogmu kembali dan kembali lagi membaca artikelmu. Tinggal kirim email saja yang berisi tulisan terbarumu di blog berikut dengan url-nya.

Membantu memonetasi blog. Saat orang memberimu email-nya, dia sekaligus memberimu ijin untuk mengirimkan promosi padanya. Sehingga lebih mudah untuk dimonetasi dengan berbagai cara. Pendeknya, punya email list itu seperti punya keran uang yang bisa dibuka sewaktu-waktu, butuh duit = jualan ke subscriber.

Menentukan Tujuan

Sebelum kamu mulai melakukan email marketing untuk blogmu sebaiknya tentukan dulu apa tujuan yang ingin kamu capai. Agar nanti langkah-langkahmu lebih tertata, apa yang kamu lakukan disetir oleh tujuanmu itu.

Saya sendiri menerapkan email marketing untuk blog dengan tujuan:

Pertama, jualan produk afiliasi. Selama ini saya jualan produk afiliasi (affiliate marketing) di blog. Masalahnya hanya pembaca yang membaca artikel komersial (review produk, rekomendasi produk) yang biasanya membeli produk.

Sedangkan ribuan pembaca lainnya yang membaca artikel informasional (tutorial, informasi, hiburan) umumnya tidak membeli produk. Blog saya niche kucing, jadi ada ribuan pembaca yang merupakan cat lover yang berpotensi membeli produk seandainya mereka ditawari.

Jadi saya jaring mereka dengan email marketing. Di sela-sela email yang saya kirimkan akan ada email promosi produk.

Kedua, menambah nilai jual di mata brand. Blog saya sering bekerja sama dengan brand dalam bentuk sponsored post. Kadang mereka juga memasang iklan banner di blog saya.

Kalau saya punya email list yang cukup besar bisa saya tawarkan pada mereka. Dengan mempromosikan produk ke subscriber, saya bisa mendapatkan uang dan produk gratis dari brand. Ditambah lagi komisi afiliasi jika terjadi penjualan. Tidak hanya produk, tapi bisa juga promosi jasa atau event seperti pameran, webinar, dan lainnya.

Ketiga, agar sewaktu-waktu bisa mempromosikan apapun. Misalnya siapa tahu nanti saya bisa punya produk sendiri.

Keempat, memberikan manfaat. Bisa berupa hiburan, informasi, tutorial, dsb.

17 Comments

  1. Biasanya yang menerapkan email blog kebanyakan blogger luar negeri. Dulu awal ngeblog sempat follow blogger-blogger luar. Mereka produktif banget. Kalo blogger Indonesia masih jarang. Tapi ada kok.

  2. Menarik juga nih konsep email marketing ini. Selama ini jujur saya belom kepikiran kesitu padahal peluangnya lumayan menjanjikan juga kayaknya ya. Apalagi kalo kita tahu cara dan strateginya.
    Nice insight mas Pur.

  3. Baca tulisan ini menginspirasi sekali. Tapi saya malah kepo tentang e-booknya. Saya enggak pernah terpikirkan untuk jadiin tulisan di blog sebagai e-book. Iya sih gratis, tapi apa sih keuntungan lain kalau bikin e-book gratis.

    • Salah satu keuntungan favorit saya, saya jadi punya catatan beberapa ilmu yang saya perlukan dan sering saya butuhin. Keuntungan lainnya seneng kalau ada orang yang sepemikiran trus ngajak diskusi.

  4. Menarik sekali infonya Kak. Kadang untuk blogger pemula seperti saya, melakukan email marketing ini masih belum PD. Karena trafik blog saja belum maksimal, jadi rasanya belum punya bargaining position yang kuat. Harus terus banyak belajar dan berburu info seperti ini sih memang ya.

  5. Email marketing begini malah saya lupa kapan terakhir menemukannya. Yang masih masuk di email saya ada kayanya tapi justru saya yg gak lagi baca secara masuknya ke email lama juga…

    Blogger sekarang jarang ya menerapkan sistem email marketing blog begini. Padahal ternyata ini berdampak bagus pada kinerja blog yang bersangkutan

  6. Terima kasih, kak.
    Rasanya nge-blog pun butuh sekali inovasi yang bisa memberikan impact besar untuk kemajuan blog dan penulisnya itu sendiri. Tetap semangat belajar dan menerapkan email marketing sebagai sarana lebih dekat dengan pembaca agar terus terhubung dan siapa tau juga bisa mendatangkan rejeki lain berupa kolaborasi dan kerjasama yang sama-sama saling menguntungkan.

  7. Aku pas dapet email marketing blog dari salah satu blog yang memang aku “subscribe”, cuman bisa bilang “woww boleh juga idenya”
    Pastinya pemilik blog mau nggak mau namanya akan terus nancep di kepalaku, minimal pembaca blognya jadi tau kalau ada update terbaru dari blognya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *